1.Apa yang anda ketahui mengenai manajemen, strategi,dan manajemen strategi
*Definisi Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
*Definisi Strategi
Strategi merupakan suatu rencana keseluruhan dalam memanfaatkan sumber daya untuk memperoleh kedudukan yang menguntungkan.
*Definisi Manajemen Strategi
Manajemen strategi didefinisikan sebagai seni dan ilmu untuk memformulasikan,mengimplementasikan,dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuannya. Manajemen strategi berfokus pada mengintegrasikan manajemen,pemasaran,keuangan/akuntansi,produksi/operasi,penelitian dan pengembangan,dan sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi.
Tujuan manajemen strategi adalah untuk mengeksploitasi dan menciptakan peluang baru yang berbeda untuk masa mendatang.
2. Kemampuan Hardskill dan Softskill apa saja yang diperlukan oleh
seorang Manajer
*Soft Skills
Soft skills adalah sikap dan prilaku. Sikap dan prilaku yang dimaksud, antara lain, jujur, percaya diri (self confidence), motivasi yang tinggi, kemampuan beradaptasi dengan perubahan, kompetensi interpersonal, orientasi nilai yang menunjukkan kinerja yang efektif dan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship).
Sikap jujur mampu membuat seseorang berani menyampaikan sesuatu sesuai dengan kenyataannya. Kejujuran memungkinkan seseorang untuk mengevaluasi diri dengan baik karena berani mengakui kekurangan dan siap untuk memperbaikinya.
Di sisi lain, kejujuran akan menjadikan seseorang mampu menyatakan kelebihannya. Semua perilaku tersebut sangat mendukung seseorang untuk percaya diri. Yaitu, keyakinan seseorang pada kemampuannya untuk menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan. Untuk mampu menghadapi tantangan itu, seseorang harus mempunyai motivasi yang tinggi.
Dengan motivasi tinggi tersebut, seseorang akan mudah untuk beradaptasi dengan segala perubahan. Bila semua sikap dan prilaku tersebut ada pada diri seseorang, sebenarnya dia telah mempunyai kompetensi interpersonal yang tinggi.
*Hard Skill
Hard Skill mencerminkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan oleh seorang manajer dalam memimpin perusahaan yang dijalani. Dengan mengatur segala kemampuan yang dimiliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar