Minggu, 11 April 2010

Tugas 4 (Manajemen Strategi)

MATRIKS IFAS DAN EFAS PADA PERUSAHAAN SAMSUNG

MATRIK SWOT adalah alat untuk menyusun faktor-faktor strategis organisasi yang dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi organisasi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.

IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis internal dalam kerangka KEKUATAN (Strengths) dan KELEMAHAN (Weaknesses).

Strengths (Kekuatan)
SO Strategies
S1 Investasi pada R&D 0.1530.45
S2 Melakukan akuisisi untuk berkembang 0.2040.80
S3 Memperkenalkan merek untuk pertumbuhan usaha dan perluasan pasar 0.1010.10

Weaknesses (Kelemahan)
WO Strategies
W1 Pangsa pasar baru untuk meningkatkan profitabilitas 0.1330.39
W2 Menaikkan margin inovasi produk untuk mengendalikan keuntungan 0.1520.30
W3 Akuisisi teknologi baru untuk inovasi 0.1220.24
W4 Memenuhi kebutuhan konsumen dan menjual produk berkuallitas dunia 0.2030.60

Total 946.264



EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis eksternal dalam kerangka KESEMPATAN (Opportunities) dan ANCAMAN (Threats).

Threats (Ancaman)
T1 Fokus pada inovasi untuk menaikkan margin penjualan 0.1620.32


WT Strategies
WT1 Diferensiasi untuk menghindari komoditas pasar yang serupa 0.2030.60
WT2 Diversifikasi ke pangsa pasar baru 0.3040.12
WT3 Investasi pada merek dan program loyalitas pelanggan 0.2530.75

ST Strategies
ST1 Memperkenalkan merek untuk diferensiasi 0.2120.42

Opportunities (Peluang)
O1 pertumbuhan usaha dan perluasan pasar 0.1030.30

Total 1.237.251

Rating yang digunakan: 1 = kurang berpengaruh .2 = cukup berpengaruh. 3 = berpengaruh .4 = sangat berpengaruh


Kesimpulan :
Seperti terlihat pada matriks SWOT diatas, Samsung harus membuat suatu pertumbuhan(growth), ekspansi pada pasar, investasi pada inovasi dan riset dan strategi diferensiasi untuk strategi dimasa mendatang.
1. Pertumbuhan (growth)
Berdasar pada kekuatan kapitalisasi pasar, akses keuangan dan merek yang kuat, Samsung harus secara agresif membuat pertumbuhan melalui cara yang beragam,seperti ekspansi internasional, ekspansi regional, dan ekspansi melalui akuisisi untuk memastikan Samsung dapat melewati kondisi ekonomi sebagai perusahaan yang dominan di kelas dunia dan sebagai pemain terkuat disetiap tempat operasionalnya.

2. Diferensiasi
Dengan alasan untuk menghindari tekanan profitabilitas dan memastikan tidak berkompetisi pada level rendah pasar, Samsung harus lebih kuat pada investasi di bidang R&D dan juga kemungkinan untuk menambah nilai atau akses untuk mengurangi jurang teknologi melalui akuisisi. Hal ini akan membuat Samsung memiliki profitabilitas lebih baik dan juga akan menambah nilai pasar pada permintaan.

3. Fokus teknologi informasi
Untuk memastikan target posisi dan juga produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen, samsung harus memperluas teknologi informasi untuk memuaskan yang terbaik kebutuhan konsumen. Ini akan memperkuat kekuatan pada presentasi pasar yang besar dan pelanggan tahu bagaimana untuk mencegah profitabilitas yang rendah dan mendapat tingkat kepuasan yang tinggi.


4. Merek dan loyalitas konsumen
Untuk memerangi kompetisi dan menik mati posisi utama yang dapat memperbaiki margins, Samsung harus berinvestasi pada merk dan program loyalitas pelanggan yang membuat Samsung menjadi pilihan pertama ketika pelanggan ingin membeli sesuatu. Dan juga, loyalitas pelanggan merupakan peran penting pada kondisi ekonomi seperti ini dan akan menolong konsumen untuk memilih Samsung daripada merek lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar