Selasa, 02 Maret 2010

Tugas 2 (Manajemen Strategi)

Visi, Misi, dan Strategi Dalam Bidang Franchise
* Perusahaan Ayam Goreng Fatmawati
Visi Perusahaan
- Menjadikan perusahaan penyedia produk dan jasa dalam bidang makanan

Misi Perusahaan
- Meningkatkan corporate value bagi stakeholders
- Memberi kesempatan investor untuk memiliki bisnis sendiri
- Melestarikan masakan asli Indonesia
- Menciptakan lapangan pekerjaan

Strategi Pemasaran
1.Kami menerapkan analisa Strenght, Weakness, Opportunity, & Threats (SWOT) dengan selalu mengindetifikasi kekuatan dan kelemahan internal setiap outlet, serta peluang dan ancaman yang ditimbulkan dari lingkungan persaingan.
2.Kami memantau keadaan lingkungan eksternal dengan melakukan survey terhadap pasar dengan cara menyebar kuesioner terhadap konsumen setiap 6 bulan sekali.
3.Support marketing & sales tools dari franchisor, bekerjasama dengan pihak ketiga, antara lain : PT. Sinar Sosro, PT. Nestle Indonesia (Nestle FoodServices), Sodexho Indonesia, You C.1000, media cetak dan elektronik serta media dan partner lainnya.
4.Hasil survey yang kami lakukan terhadap konsumen Ayam Goreng Fatmawati untuk menganalisa beberapa parameter sebagai berikut :


* Perusahaan McDonalds
Visi Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.

b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.

c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.

d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.

e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.

f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.

g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini.

h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.


Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.

Strategi
1. Produk
McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah perincian produk yang ditawarkan :
a. Paket Hemat (PaHe), yaitu merupakan paket yang terdiri dari 1 produk makanan dan 1 produk minuman. Paket Hemat ini memberikan keuntungan pada pelanggan yaitu harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk.

Paket Hemat (PaHe) terdiri dari :
 PaHe 1 (Cheese Burger dan Medium Drink)
 PaHe 2 (McChicken Burger dan Medium Drink)
 PaHe 3 (Fillet O Fish Burger dan Medium Drink)
 PaHe 4 (Big Mac Burger dan Medium Drink)
 PaHe 5 (Double Cheese Burger dan Medium Drink).
b. Jenis-jenis Burger, yaitu :
 Beef Burge
 Spicy Chicken Burger
 Double Beef Burger

 Big Mac Burger
 Fillet O Fish
c. Paket Nasi, yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh McDonald's Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.
 PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken, Medium Drink)
 PaNas Spesial (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Medium Drink)
 PaNas Komplit (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Soup, Medium Drink).
d. French Fries dengan 4 ukuran, yaitu : Regular, Medium, Large, Super Size
e. Hot and Cold Drinks

2. Price
Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald's tersebut berada.

3. Place
Berhubungan dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.

4. Promotion
Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
a. Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
b. Advertising, yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh mcdonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
c. Show Case, yaitu berupa merchandise mcdonald's.

d. Event yang dilaksanakan di mcdonald's yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain


Visi, Misi, dan Strategi Dalam Bidang Telekomunikasi
* Perusahaan Telkomsel
Visi Perusahaan
- Penyedia layanan mobile lifestyle terbaik di Indonesia (The best mobile lifestyle provider
in region)

Misi Perusahaan
- Memberikan pelayanan dan solusi komunikasi yang sesuai dengan harapan customer, memberikan nilai tambahan kepada para stakeholder dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi bangsa.

Strategi
- Membangun Community Care Group yang di definisikan sebagai kegiatan yang bersifat charity dan philantropy. Kegiatan ini dilakukan sejak Telkomsel berdiri. Dalam perkembangannya, Telkomsel merasa pelaksanaan TSP harus dilakukan oleh unit kerja khusus yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan TSP.

* Perusahaan Bimantara Citra
Visi Perusahaan
Untuk menjadikan Group Media dan Telekomunikasi yang terdepan dan terintegrasi.
Melalui inovasi strategi dengan menyediakan kualitas konten yang terbaik, plafform media dan layanan telekomunikasi

Misi Perusahaan
Menyuguhkan solusi hiburan, informasi dan telekomunikasi bagi seluruh masyarakat
Menciptakan dan memanfaatkan sinergi antara anak-anak perusahaan di bidang Media dan Telekomunikasi
Mencapai konvergensi dan integrasi menyeluruh pada anak-anak perusahaan di bidang Media dan Telekomunikasi
Memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan komunitas dan kebudayaan lokal
Memaksimalkan nilai perusahaan bagi Para Pemegang Saham dengan penuh tanggung jawab

Strategi
Menopang pertumbuhan jangka panjang secara konsisten melalui kombinasi pertumbuhan secara organik dan akuisisi bisnis-bisnis baru
- Melanjutkan konsolidasi anak-anak perusahaan
untuk memperkuat sinergi dan efisiensi biaya
Mendivestasi aset-aset di luar bisnis inti dengan nilai semaksimal mungkin

Visi, Misi, dan Strategi Dalam Bidang Transportasi
* Perusahaan Pelabuhan Indonesia
Visi Perusahaan
Visi Perusahaan dirumuskan sebagai berikut: "Mewujudkan pelayanan kepelabuhanan berkualitas dan berada didalam jaringan transportasi laut global serta mampu memenuhi harapan stakeholder". Visi mengandung makna sebagai berikut :
Perusahaan berorientasi pasar, berdaya saing dan berdaya cipta tinggi serta memiliki core bussines dan core competence yang memberikan high added value.
Perusahaan memiliki ciri kemandirian, sehat, transparansi, memiliki sumber daya manusia yang professional.
Memiliki pelabuhan andalan yang tangguh dalam jaringan transportasi laut global.
Merupakan andalan dan kebanggaan masyarakat serta Pemerintahan Daerah dalam kepedulian terhadap lingkungan (community development).

Misi Perusahaan
Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, PT (Persero) Pelabuhanan Indonesia I mempunyai dua misi.yaitu corporate mission untuk memperoleh laba, dan port mission untuk mengembang wilayah didalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Misi Perusahaan dirumuskan sebagai berikut: "Menyediakan jasa kepelabuhanan berkualitas yang berperan sebagai pusat logistik, memberikan nilai tambah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah".
Misi tersebut mengandung enam hal yang merupakan fondasi dalam mengelola perusahaan sabagai berikut:
Bisnis inti perusahaan adalah pengusahaan jasa kepelabuhanan.
Tujuan utama yang hendak dicapai adalah untuk memuaskan pelanggan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Laba yang diperoleh dapat meningkatkan pertumbuhan usaha dan memberikan kontribusi kepada negara.
Kepuasan pelanggan dicapai melalui produk yang berkualitas.
Produk berkualitas dicapai melalui peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia dan keandalan alat produksi.
Pengusahaan dan pengelolaan jasa kepelabuhanan dilaksanakan dalam kerangka Good Corporate Governance (GCG).

Strategi
Strategi yang dilaksanakan dalam menyelenggarakan pelayanan jasa kepelabuhanan dan usaha lainnya yang menunjang pencapaian tujuan perusahaan, meliputi :
Kolam-kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu-lintas dan tempat-tempat berlabuhnya kapal.
Jasa-jasa yang berhubungan dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal.
Dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat barang termasuk hewan dan fasilitas naikturunnya penumpang.
Gudang-gudang dan tempat penimbunan barang-barang angkutan bandar, alat bongkar muat serta peralatan pelabuhan.
Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung-gedung/bangunan yang berhubungan dengan kepentingan kelancaran angkutan laut.
Penyediaan listrik bahan bakar, minyak, air minum instalasi limbah pembangunan.
Jasa terminal,kegiatan konsolidasi dan distribusi barang termasuk hewan.
Jasa konsultasi, pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepelabuhanan.
Jasa pelayanan kesehatan.
Jasatransportasidilaut.
Jasa persewaan fasilitas dan peralatan.
Jasa perbaikan fasilitas dan peralatan di bidang pelabuhan.
Properti di daerah lingkungan pelabuhan.
Kawasan industri di daerah lingkungan pelabuhan.
Kawasan wisata di daerah lingkungan pelabuhan.
Depo peti kemas.
Jasa konsultan dibidang kepelabuhanan.
Jasa komunikasi dan informasi dibidang kepelabuhanan.
Jasa konstruksi dibidang kepelabuhanan.

* Perusahaan Perhubungan Udara
Visi Perusahaan
- ANDAL : Mempunyai keunggulan dan memenuhi aspek ketersediaan, ketepatan waktu, kelaikan, keselamatan dan keamanan dalam menyelenggarakan transportasi udara;
- BERDAYA SAING : Efektif, efisien, berkualitas, ramah lingkungan, berkelanjutan, SDM yang profesional, mandiri dan produktif;
- NILAI TAMBAH : Dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Misi Perusahaan
Memenuhi standar keamanan, keselamatan penerbangan dan pelayanan;
Menyediakan sarana, prasarana dan jaringan transportasi udara yang andal, optimal dan terintegrasi;
Mewujudkan iklim usaha jasa transportasi udara yang kompetitif dan berkelanjutan ( sustainable );
Mewujudkan kelembagaan yang efektif, efisien didukung oleh SDM yang profesional dan peraturan perundang-undangan yang komprehensif serta menjamin kepastian hukum.

Strategi Perusahaan
1.Meningkatkan pembinaan, pengawasan dan penegakan hukum serta menyempurnakan dan atau melengkapi peraturan per undang-undangan dalam penyelenggaraan jasa transportasi udara;
2.Meningkatkan kualitas dan produktifitas pelayanan jasa transportasi udara melalui penerapan manajemen mutu dalam rangka memenuhi kebutuhan (demand) jasa transportasi udara;
3.Menciptakan iklim usaha jasa angkutan udara dalam persaingan sehat dan kondusif dalam rangka menciptakan industri penerbangan yang efisien, efektif dan kompetitif dalam pasar global serta mempunyai kelangsungan hidup jangka panjang;
4.Meningkatkan efisiensi nasional bidang jasa transportasi udara dan mendorong minat investor untuk berinvestasi di bidang industri penerbangan;
5.Memperluas jangkauan jaringan pelayanan jasa transportasi udara sampai ke daerah terpencil, terisolasi, daerah perbatasan negara dan luar negeri.

1 komentar:

  1. thanks putri artikelna.....
    btw, dpt info ttg McD dri mana y???ak lg bwt makalah tntang McD... share y via email

    BalasHapus